Seberapa Penting Sih... Maka Harus Melek Asuransi ?

Friday, 31 December 2021 : 17:52
Baca Lainnya

Hendri Nova

Kuy... sebelum gue cerita panjang lebar akan seberapa penting untuk melek asuransi, Kuy dengerin dulu ya...kisah nyata yang gue alami sewaktu jadi agen asuransi. Gini-gini Kuy, gue pernah jadi agen asuransi lo..., itu karena gue ingin dapat ilmu dan tentunya untuk dapat duit.

Salah seorang kenalan nih Kuy... sebutnya namanya Tuan X, waktu gue terangkan pentingnya ikut asuransi kesehatan, dia ngakunya dah paham banget. Pas gue ajak segera isi berkas, menunda melulu. Sementara gue tentu ngak boleh maksa. 

Jadi menjelang Tuan X mau tanda tangani berkas yang isinya udah gue bantu isi, gue tentu cari nasabah lain. Hari berlalu berganti minggu, minggu pun jadi bulan. Tuan X masih aja ngak kasih kabar kapan mau tanda tangan, di kontak jawabannya sama terus, hingga jujur saja jadi ngurut dada juga.

Hingga satu hari, gue denger Tuan X sakit. Karena dirawat di ICU, jadinya nggak bisa jenguk. Hingga akhirnya kabar duka pun datang. Tuan X telah tiada karena penyakitnya.

Sedih sih gue jika ingat anak-anaknya. Cobaaa... aja dia cepat tanda tangan, setidaknya gue telah bantu ringankan beban anak bininya. Tapi ya sudahlah, mungkin ngak rezekinya kali ya...

Jadi Kuy, belajar dan mengambil hikmah dari Tuan X, emang sebaiknya niat baik itu kudu disegerakan. Karena yaaa.... itu tadi, ajal nggak pernah telepon dulu saat mau datang.

Apalagi di saat pandemi ini Kuy... Emang sih ekonomi makin sulit, rezeki makin seret, tapi ancaman penyakit lebih besar. Punya asuransi kesehatan, tentu harus menjadi prioritas, untuk jaga-jaga dari segala kemungkinan.

Jadi seberapa penting sih maka kita harus melek asuransi ? Jawabnya jelas penting bangget Kuy, agar kita hidup lebih tenang dan jauh dari was-was. 


Contohnya asuransi kesehatan yang menjadi produk asuransi Lifepal #asuransilifepal. Pada #asuransilifepal asuransi kesehatannya menawarkan banyak keuntungan bagi para nasabahnya.

Bayangin aja Kuy, sebelum kita memutuskan ikut asuransi kesehatan, tim ahli dari Lifepal akan menginformasikan kepada nasabahnya, bandingan manfaat polis dan premi dari 50+ perusahaan asuransi. Mantap ngak tuh... So pasti bikin puas dan tambah yakin lah ya...

Nah tentu ngak kalah penting nih, harus diketahui dulu manfaat asuransi kesehatan #asuransilifepal. Dikutip langsung dari website resmi Lifepal di lifepal.co.id, manfaat asuransi kesehatan adalah pertanggungan biaya pengobatan atau perawatan kesehatan di rumah sakit maupun layanan medis lainnya. 


Manfaatnya terbagi menjadi dua kategori, yaitu manfaat dasar dan manfaat tambahan (rider). 

1. Manfaat Dasar

Manfaat dasar adalah pertanggungan utama. Artinya, ketika mendaftarkan diri dalam polis, perusahaan asuransi secara otomatis akan menanggung biaya perawatan berikut:

Rawat Inap: Biaya kamar di rumah sakit, kunjungan dokter, obat-obatan, dan biaya lainnya terkait rawat inap di rumah sakit.

Pembedahan: Biaya atas tindakan pembedahan, seperti pembedahan reseksi, amputasi, atau rekonstruktif. Polis asuransi kesehatan juga menanggung biaya kamar operasi, dokter bedah, dan dokter anastesi.

Rawat Jalan: Biaya atas tindakan medis yang tidak mengharuskan menginap di rumah sakit. Baik pra-opname atau pasca-opname maupun sekadar diagnosis dan pengobatan rawat jalan.

2. Manfaat Tambahan

Manfaat tambahan atau dikenal dengan sebutan rider adalah perluasan pertanggungan polis asuransi kesehatan. Artinya, untuk mendapatkan rider ini nasabah akan dikenakan biaya tambahan.

Misal, sudah mendapatkan manfaat dasar berupa rawat inap, rawat jalan, dan pembedahan, kemudian nasabah ingin memperoleh manfaat tambahan lain seperti medical check up (MCU), asuransi melahirkan, asuransi kesehatan cover perawatan gigi, dan perawatan mata.

Medical check-up: Biasanya, biaya MCU hanya ditanggung pada awal pendaftaran asuransi guna mengukur risiko kesehatan calon nasabah.

Asuransi melahirkan: Biaya melahirkan, mulai dari check-up, proses persalinan secara Caesar atau normal, dan perawatan setelahnya.

Perawatan gigi: Biaya perawatan asuransi kesehatan cover gigi, mulai dari pemeriksaan, pembersihan, tambal, atau pencabutan gigi.

Perawatan mata:  Biaya perawatan kesehatan mata, mulai dari pemeriksaan dan termasuk kacamata.

Beberapa perusahaan asuransi menawarkan pilihan polis dengan manfaat dasar hingga tambahan (rider) lengkap dengan premi murah!

Nah, tidak kalah penting, ketahui juga pengecualiannya, supaya nanti ngak seperti yang dicontohkan orang-orang curang di film-film Korea. Demi asuransi rela membunuh, bunuh diri, atau tindakan yang dikecualikan pihak asuransi lainnya.


Pengertian Pengecualian Asuransi Kesehatan

Selain manfaat asuransi kesehatan, ada juga klausul pengecualian yang perlu diperhatikan. Artinya, ada beberapa risiko yang tidak ditanggung oleh perusahaan dan tertulis secara lengkap dalam polis.

Berikut beberapa pengecualiannya :

1. Tindakan bunuh diri atau cedera yang diakibatkan perbuatan sendiri

2. Transplantasi organ, termasuk perawatan dan pengobatan terkait

3. Alat penunjang seperti kursi roda, anggota tubuh palsu, alat picu jantung, alat bantu dengar, penglihatan, dan sejenisnya

4. Dialisis atau cuci darah dan terkait lainnya

5. Perawatan dan pengobatan eksperimental, tradisional, atau alternatif

6. Gangguan kejiwaan atau syaraf dan adiksi

7. Perawatan dan/atau pengobatan terkait berat badan

8. Perawatan dan/atau pengobatan terkait bedah plastik

9. Pemeriksaan fisik berkala atau medical check up (MCU)

10. Perawatan dan/atau pengobatan terkait hernia atau keterlambatan tumbuh kembang

11. Sunat yang tidak berhubungan dengan penyakit atau kecelakaan

12. Perawatan dan/atau pengobatan berkaitan HIV/AIDS hingga penyakit menular seksual

13. Pertanggungan biaya vitamin dan suplemen tanpa indikasi medis

14, Biaya keluarga berencana

Perlu dipahami bahwa setiap perusahaan asuransi memiliki klausul pengecualian yang berbeda-beda. Karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli polis asuransi kesehatan, sebaiknya perhatikan dan pelajari polisnya secara teliti, ya.


Nah tentu tak hanya asuransi kesehatan yang ditawarkan #asuransilifepal, tapi juga ada Asuransi Keluarga, Asuransi Karyawan, Asuransi Rawat Jalan, Asuransi Melahirkan, Asuransi Gigi, Asuransi Penyakit Kritis, Asuransi Kesehatan Syariah, dan Hospital Cash Plan.

Juga ada Asuransi Jiwa, Asuransi Kecelakaan, Asuransi Unitlink, Asuransi Dwiguna, dan Asuransi Jiwa Premi Kembali. 

Bagi yang punya kendaraan, bisa mengambil Asuransi Mobil, Asuransi Motor, Asuransi TLO, dan Asuransi All Risk. Lifepal di website juga menyediakan Kalkulator Premi Asuransi Mobil, juga ada Kuis Jenis Asuransi Mobil, dan fitur Cari Bengkel Mobil.

Jenis asuransi lainnya yang bisa dilirik adalah Asuransi Perjalanan, Asuransi Pendidikan, Asuransi Rumah, Asuransi Syariah, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, dan juga ada Tips Asuransi. 

Untuk mendapattkan penawarannya, bisa langsung dilakukan di website lifepal.co.id. Kuy dijanjikan tiga langkah mudah, yakni isi formulir untuk melihat pilihan Sesuai Profil & Kebutuhanmu, Konsultasi gratis melalui telepon

Dengan tim ahli, cukup 5 menit, lalu Temukan asuransi terbaik Sesuai Kebutuhan dan Anggaranmu Kuy.

Nah, udah pada jelas kan, segera aja ya meluncur ke website https://lifepal.co.id/, atau ke media sosialnya Lifepal di https://www.instagram.com/lifepal/ dan https://www.facebook.com/lifepal/. 

Selamat menikmati asuransi pilihan terbaik ya Kuy...

Ke Pasar Beli Terasi, Yuk Melek Asuransi

Pilih terasi dari Tegal, Yuk, daftar jadi nasabah Lifepal... 💓💓💓😃😃😃

#asuransilifepal

 

Share :

Saat ini 0 komentar :